Jumat, 10 Februari 2012

Islam


Islam (Arab: al-islāmالإسلام  : "berserah diri kepada Tuhan ") adalah agama yang mengimani satu tuhan, yaitu Allah . Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan  (Arab: الله, Allāh). Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah  menurunkan Firman -Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad SAW adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah SWT .


Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" - yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah". Esensinya adalah prinsip keesaan Tuhan dan pengakuan terhadap kenabian Muhammad. Adapun bila seseorang meyakini dan kemudian mengucapkan dua kalimat persaksian ini, ia dapat dianggap telah menjadi seorang muslim dalam status sebagai mualaf (orang yang baru masuk Islam dari kepercayaan lamanya).


Para penganut umumnya digalakkan untuk memegang Lima rukun islam, yaitu lima pilar yang menyatukan Muslim sebagai sebuah komunitas Tambahan dari Lima Rukun, hokum islam (syariah) telah membangun tradisi perintah yang telah menyentuh pada hampir semua aspek kehidupan dan kemasyarakatan. Tradisi ini meliputi segalanya dari hal praktikal seperti kehalalan, perbankan, jihad dan zakat
Isi dari kelima Rukun Islam itu adalah:
1.  Mengucap dua kalimat syahadah dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan benar kecuali Allah saja dan meyakini bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul Allah.
2.  Mendirikan Sholat wajib lima kali sehari.
3.  Berpuasa pada bulan Ramadan.
4.  Membayar zakat.
5.  Menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu.

Muslim juga mempercayai Rukun Iman yang terdiri atas 6 perkara yaitu:
1.  Iman kepada Allah
2.   Iman kepada Malaikat Allah
3.  Iman kepada Kitab Allah (Al’ Quran, Zabur, Taurat, injil dan suhuf)
4.  Iman kepada nabi dan rasul Allah
5.  Iman kepada hari kiamat
6.   Iman kepada qada dan qadar






Tidak ada komentar:

Posting Komentar